Pertanyaan Seputar Xooply.ID
Akun
Registrasi
Bagaimana cara mendaftar akun B2B?
- Admin melakukan penambahan akun Buyer Pusat melalui menu Buyer Company. Data Buyer Pusat:
- Nama Perusahaan
- Nama Lengkap
- NIK
- Posisi
- No telp kantor & No Telp
- Alamat
- Admin melakukan penambahan akun Buyer Child untuk Seller Parent yang sudah dibuat sebelumnya. Data Buyer Child Company:
- Nama Parent Company
- Profile
- Nama Child Company
- ID Cost Center
- Nomor NPWP
- File NPWP (Opsional)
- Wapu/non-Wapu
- Kewajiban Pajak
- Detail Bank
- Nama Bank
- Nomor Rekening Bank
- Nama Pemilik Rekening
- Bank Branch
- Alamat Pengiriman
- Detail Alamat
- Nama Penerima
- No Telepon
- Tag
- Provinsi
- Kota/Kabupaten
- Kecamatan
- Kelurahan
- Kode Pos
Aktivasi Akun
Cara aktivasi akun
- Setelah akun berhasil didaftarkan, email yang berisi tombol Aktivasi Akun telah dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan.
- Cek folder inbox/spam email yang didaftarkan.
- Buka email yang telah diterima.
- Klik tombol “Konfirmasi”.
- Buat password login akun Anda.
- Apabila Anda tidak menerima email Aktivasi Akun, cek kembali folder spam email Anda.
- Apabila email Aktivasi Akun tidak Anda terima, silahkan menghubungi layanan customer service Kami.
Login
Tidak bisa login
- Jika mengalami kendala login, pastikan Anda sudah melakukan Aktivasi akun dan alamat email serta password yang dimasukkan sudah benar.
- Pada halaman login, klik tombol “Lupa kata sandi?
- Masukkan alamat email yang terdaftar.
- Klik tombol Reset Password.
- Cek folder inbox/spam email yang terdaftar.
- Klik link untuk memasukkan password baru.
- Masukkan password baru yang Anda inginkan.
- Selesai.
Reset Password Login
Bagaimana cara mereset password login?
- Login ke Xooply.ID
- Masuk ke menu Akun Saya.
- Pilih sub menu Password.
- Masukkan password saat ini.
- Masukkan password baru.
- Konfirmasi password baru.
- Klik Simpan.
- Apabila Anda tidak menerima email reset password, cek kembali folder spam email Anda.
- Apabila email reset password tidak Anda terima, silahkan menghubungi layanan customer service Kami
Perubahan Data Staff/Manager
Bagaimana cara mengubah data staff/manager?
- Untuk perubahan data staff/manager silahkan menghubungi layanan customer service Kami.
Ubah Email
Bagaimana cara mengubah email
- Untuk perubahan alamat email, silahkan menghubungi layanan customer service Kami.
Ubah/tambah Alamat Pengiriman
Bagaimana cara menambah alamat pengiriman?
- Login ke Xooply.ID.
- Masuk ke menu Akun Saya
- Pilih sub menu Alamat.
- Klik Tambah Alamat.
- Login ke Xooply.ID.
- Masuk ke menu Akun Saya
- Pilih sub menu Alamat.
- Pilih alamat yang akan diubah, klik tombol Ubah Alamat.
- Ubah alamat sesuai dengan yang diinginkan.
- Klik tombol Simpan.
Anggaran
Apa itu Anggaran?
- Anggaran merupakan salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan untuk pembelian B2B.
- Anngaran akan ditambahkan kedalam akun buyer dalam estimasi H+2 setelah tanggal 20 setiap bulannya.
- Anggaran yang masih tersisa pada bulan berjalan, tidak akan diakumulasikan ke anggaran bulan berikutnya.
- Apabila Anggaran yang telah ditambahkan kedalam akun Anda tidak memadai, silahkan menghubungi layanan customer service Kami untuk permintaan penambahan Anggaran.
- Silahkan menghubungi layanan customer service Kami untuk permintaan perubahan Anggaran.
Produk
Apakah harga produk di Xooply sudah termasuk PPh pasal 22?
- Belum. Harga produk yang tampil belum termasuk PPh pasal 22. Perhitungan nilai PPh 22 akan muncul pada saat pembeli melakukan checkout pesanan.
- Belum. Untuk pembayaran melalui anggaran, pajak 11% akan dikenakan saat penagihan invoice.
- Silahkan menghubungi layanan customer service Kami untuk permintaan penambahan stok produk yang Anda inginkan.
Transaksi
Panduan membuat pesanan.
Buyer Staff (Checkout Produk)
- Setelah Buyer Staff Login, Buyer dapat mencari produk yang ingin dibeli melalui homepage Buyer Platform.
- Buyer Staff dapat melakukan checkout produk secara langsung melalui Product Detail Page atau menambahkan produk ke dalam keranjang (cart) agar dibeli secara langsung dengan produk lainnya.
- Buyer Staff dapat memilih dan melakukan pembelian produk pada halaman Checkout.
- Buyer Staff melakukan penambahan beberapa detail pemesanan seperti:
- Alamat Pengfiriman
- Jasa Pengiriman
- Metode Pembayaran
- Estimasi Penerimaan Barang
- Catatan Pemesanan
- Setelah Buyer Staff berhasil melakukan pemesanan, Buyer Manager harus melakun approval melalui menu Permintaan Pembelian agar PR dapat diproses.
- Buyer Manager dapat menyetujui atau menolak Permintaan Pembelian (PR) yang telah diajukan.
- Jika Anda belum menerima barang yang dipesan, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud.
- Jika barang yang Anda dipesan tidak sesuai, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud serta lampirkan foto / video barang yang diterima.
- Jika barang yang Anda dipesan tidak sesuai, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud serta lampirkan foto / video barang yang diterima.
- Jika barang yang Anda dipesan tidak sesuai, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud serta lampirkan foto / video barang yang diterima.
Pembayaran
Tentang metode pembayaran
Metode pembayaran apa saja yang tersedia di Xooply.ID?
- Untuk membayarkan barang pesanan Anda, xooply.id menyediakan 2 pilihan metode pembayaran: Anggaran (Khusus Transaksi B2B) dan Virtual Akun (Khusus Transaksi B2C)
Anggaran
Bagaimana cara menggunakan Anggaran untuk pembayaran?
- Ketika buyer staff membuat pesanan dan disetujui manager, maka anggaran yang tersedia di akun akan otomatis berkurang sesuai total pembelanjaan Anda.
- Ketika invoice sudah diberikan oleh admin kepada Buyer Group, Buyer Group dapat melakukan pembayaran dengan total yang sudah tersedia ke nomor rekening yang sudah tercantum pada Invoice.
- Ketika pembayaran sudah dikonfirmasi oleh Tim Finance, maka Admin dapat melakukan Konfirmasi Pembayaran invoice di halaman detail Invoice dengan rincian data sebagai berikut: a. Bukti Pembayaran (Wajib) b. Bukti PPH 23 (Opsional).
Virtual Akun
Panduan pembayaran Virtual Akun
- Pilih pembayaran Virtual Akun.
- Pilih Bank.
- Lanjutkan Pembayaran.
- Nomor Virtual Akun pembayaran akan muncul pada halaman konfirmasi pembayaran.
- Copy nomor Virtual Akun yang telah Anda terima.
- Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan berakhir (1×24 jam).