Xooply

Xooply by Metranet

Pertanyaan Seputar Xooply.ID

Akun

Registrasi

Bagaimana cara mendaftar akun B2B?
  1. Admin melakukan penambahan akun Buyer Pusat melalui menu Buyer Company.
  2. Data Buyer Pusat:
    1. Nama Perusahaan
    2. Nama Lengkap
    3. Email
    4. NIK
    5. Posisi
    6. No telp kantor & No Telp
    7. Alamat
  3. Admin melakukan penambahan akun Buyer Child untuk Seller Parent yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Data Buyer Child Company:
    1. Nama Parent Company
    2. Profile
      • Nama Child Company
      • ID Cost Center
      • Nomor NPWP
      • File NPWP (Opsional)
      • Wapu/non-Wapu
      • Kewajiban Pajak
    3. Detail Bank
      • Nama Bank
      • Nomor Rekening Bank
      • Nama Pemilik Rekening
      • Bank Branch
    4. Alamat Pengiriman
      • Detail Alamat
      • Nama Penerima
      • No Telepon
      • Tag
      • Provinsi
      • Kota/Kabupaten
      • Kecamatan
      • Kelurahan
      • Kode Pos

Aktivasi Akun

Cara aktivasi akun
  1. Setelah akun berhasil didaftarkan, email yang berisi tombol Aktivasi Akun telah dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan.
  2. Cek folder inbox/spam email yang didaftarkan.
  3. Buka email yang telah diterima.
  4. Klik tombol “Konfirmasi”.
  5. Buat password login akun Anda.
Tidak menerima email aktivasi akun
  • Apabila Anda tidak menerima email Aktivasi Akun, cek kembali folder spam email Anda.
  • Apabila email Aktivasi Akun tidak Anda terima, silahkan menghubungi layanan customer service Kami.

Login

Tidak bisa login
  • Jika mengalami kendala login, pastikan Anda sudah melakukan Aktivasi akun dan alamat email serta password yang dimasukkan sudah benar.
Bagaimana jika saya lupa password login?
  1. Pada halaman login, klik tombol “Lupa kata sandi?
  2. Masukkan alamat email yang terdaftar.
  3. Klik tombol Reset Password.
  4. Cek folder inbox/spam email yang terdaftar.
  5. Klik link untuk memasukkan password baru.
  6. Masukkan password baru yang Anda inginkan.
  7. Selesai.

Reset Password Login

Bagaimana cara mereset password login?
  1. Login ke Xooply.ID
  2. Masuk ke menu Akun Saya.
  3. Pilih sub menu Password.
  4. Masukkan password saat ini.
  5. Masukkan password baru.
  6. Konfirmasi password baru.
  7. Klik Simpan.
Tidak menerima email reset password
  • Apabila Anda tidak menerima email reset password, cek kembali folder spam email Anda.
  • Apabila email reset password tidak Anda terima, silahkan menghubungi layanan customer service Kami

Perubahan Data Staff/Manager

Bagaimana cara mengubah data staff/manager?
  • Untuk perubahan data staff/manager silahkan menghubungi layanan customer service Kami.

Ubah Email

Bagaimana cara mengubah email
  • Untuk perubahan alamat email, silahkan menghubungi layanan customer service Kami.

Ubah/tambah Alamat Pengiriman

Bagaimana cara menambah alamat pengiriman?
  1. Login ke Xooply.ID.
  2. Masuk ke menu Akun Saya
  3. Pilih sub menu Alamat.
  4. Klik Tambah Alamat.
Bagaimana cara mengubah alamat pengiriman?
  1. Login ke Xooply.ID.
  2. Masuk ke menu Akun Saya
  3. Pilih sub menu Alamat.
  4. Pilih alamat yang akan diubah, klik tombol Ubah Alamat.
  5. Ubah alamat sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Klik tombol Simpan.

Anggaran

Apa itu Anggaran?
  • Anggaran merupakan salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan untuk pembelian B2B.
  • Anngaran akan ditambahkan kedalam akun buyer dalam estimasi H+2 setelah tanggal 20 setiap bulannya.
  • Anggaran yang masih tersisa pada bulan berjalan, tidak akan diakumulasikan ke anggaran bulan berikutnya.
Bagaimana cara menambah Anggaran
  • Apabila Anggaran yang telah ditambahkan kedalam akun Anda tidak memadai, silahkan menghubungi layanan customer service Kami untuk permintaan penambahan Anggaran.
Bagaimana cara mengubah Anggaran.
  • Silahkan menghubungi layanan customer service Kami untuk permintaan perubahan Anggaran.

Produk

Apakah harga produk di Xooply sudah termasuk PPh pasal 22?
  • Belum. Harga produk yang tampil belum termasuk PPh pasal 22. Perhitungan nilai PPh 22 akan muncul pada saat pembeli melakukan checkout pesanan.
Apakah harga produk di Xooply sudah termasuk pajak 11%?
  • Belum. Untuk pembayaran melalui anggaran, pajak 11% akan dikenakan saat penagihan invoice.
Bagaimana jika stock barang tidak sesuai dengan yang ingin di beli ?
  • Silahkan menghubungi layanan customer service Kami untuk permintaan penambahan stok produk yang Anda inginkan.

Transaksi

Panduan membuat pesanan.

Buyer Staff (Checkout Produk)
  1. Setelah Buyer Staff Login, Buyer dapat mencari produk yang ingin dibeli melalui homepage Buyer Platform.
  2. Buyer Staff dapat melakukan checkout produk secara langsung melalui Product Detail Page atau menambahkan produk ke dalam keranjang (cart) agar dibeli secara langsung dengan produk lainnya.
  3. Buyer Staff dapat memilih dan melakukan pembelian produk pada halaman Checkout.
  4. Buyer Staff melakukan penambahan beberapa detail pemesanan seperti:
    • Alamat Pengfiriman
    • Jasa Pengiriman
    • Metode Pembayaran
    • Estimasi Penerimaan Barang
    • Catatan Pemesanan
Approval Manager
  1. Setelah Buyer Staff berhasil melakukan pemesanan, Buyer Manager harus melakun approval melalui menu Permintaan Pembelian agar PR dapat diproses.
  2. Buyer Manager dapat menyetujui atau menolak Permintaan Pembelian (PR) yang telah diajukan.
Pesanan belum diterima.
  • Jika Anda belum menerima barang yang dipesan, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud.
Barang yang diterima tidak sesuai
  • Jika barang yang Anda dipesan tidak sesuai, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud serta lampirkan foto / video barang yang diterima.
Barang yang diterima tidak lengkap
  • Jika barang yang Anda dipesan tidak sesuai, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud serta lampirkan foto / video barang yang diterima.
Barang yang diterima rusak
  • Jika barang yang Anda dipesan tidak sesuai, silahkan mengubungi layanan customer service Kami dengan menyebutkan nomor pemesanan (Nomor PO) yang dimaksud serta lampirkan foto / video barang yang diterima. 

Pembayaran

Tentang metode pembayaran

Metode pembayaran apa saja yang tersedia di Xooply.ID?
  • Untuk membayarkan barang pesanan Anda, xooply.id menyediakan 2 pilihan metode pembayaran: Anggaran (Khusus Transaksi B2B) dan Virtual Akun (Khusus Transaksi B2C)

Anggaran

Bagaimana cara menggunakan Anggaran untuk pembayaran?
  1. Ketika buyer staff membuat pesanan dan disetujui manager, maka anggaran yang tersedia di akun akan otomatis berkurang sesuai total pembelanjaan Anda.
  2. Ketika invoice sudah diberikan oleh admin kepada Buyer Group, Buyer Group dapat melakukan pembayaran dengan total yang sudah tersedia ke nomor rekening yang sudah tercantum pada Invoice.
  3. Ketika pembayaran sudah dikonfirmasi oleh Tim Finance, maka Admin dapat melakukan Konfirmasi Pembayaran invoice di halaman detail Invoice dengan rincian data sebagai berikut: a. Bukti Pembayaran (Wajib) b. Bukti PPH 23 (Opsional).

Virtual Akun

Panduan pembayaran Virtual Akun
  1. Pilih pembayaran Virtual Akun.
  2. Pilih Bank.
  3. Lanjutkan Pembayaran.
  4. Nomor Virtual Akun pembayaran akan muncul pada halaman konfirmasi pembayaran.
  5. Copy nomor Virtual Akun yang telah Anda terima.
  6. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan berakhir (1×24 jam).